Beranda | Artikel
Cerita Ramadhan di Desa Miskin Gunung Kidul (1)
Jumat, 27 Juli 2012

Alhamdulillah, Ramadhan kali ini, warga Gunung Kidul (GK) tetap diberi nikmat bisa merasakan berbagai rizki seperti tahun yang lalu. Seperti tahun yang lalu ada buka puasa bersama dengan sumbangan dari berbagai muhsinin, begitu pula dengan tahun-tahun ini. Dalam tulisan ringkas kali ini, kami akan menceritakan beberapa kegiatan yang telah dijalani selama Ramadhan.

1. Piknik menjelang puasa

Sebelum puasa Ramadhan, kami mengajak para santri Darush Sholihin dan warga sekitar pesantren untuk ikut serta dalam piknik menjelang Ramadhan. Piknik diadakan pada tanggal 15 Juli 2012. Piknik tersebut dilakukan ke Pantai Indrayanti dan Kukup Gunung Kidul. Peserta yang ikut hampir 200 orang terdiri dari orang tua, remaja dan anak-anak dengan menggunakan 5 bis kecil. Alhamdulillah, semua sangat senang dengan piknik tersebut. Di dalam piknik tersebut diadakan pula lomba-lomba untuk putera puteri dan dibagikan doorprize cuma-cuma dengan hadiah termahal adalah HP Samsung seharga 160 ribu rupiah sebanyak dua buah. Respon kegiatan ini sangat baik dan sekaligus untuk mempromosikan kepada warga mengenai kegiatan pesantren Darush Sholihin. Dan dana piknik ini dikeluarkan dari berbagai sumbangan untuk pesantren. Dana yang dihabiskan Rp. 4.703.700,-. Di awal-awal bulan Syawal, insya Allah akan diadakan piknik lagi untuk menyenangkan para santri dan pembagian hadiah bagi mereka-mereka yang rajin ikut kegiatan pelajaran di pesantren.

2. Buka puasa bersama warga dan penyaluran fidyah

Alhamdulillah, sampai tanggal 8 Ramadhan ini, buka puasa telah dilakukan di 8 masjid, mulai dari Masjid Jami’ Al Adha Mbali, Musholla Nur Hasanah Magir, Masjid Al Hadi (Nduren), Masjid Adz Dzikro (Ngampel), Musholla Al Ikhlas (Kunci), Masjid Ash Shofudin (Krambil), Masjid Al Munawaroh (Slembi). Semua warga sangat senang sekali dengan adanya buka puasa ini. Selain buka puasa yang disalurkan, beberapa fidyah dari kaum muslimin yang meminta disalurkan ke Gunung Kidul pun telah disalurkan yaitu sebesar. Fidyah yang telah digarap selama puasa sampai dengan hari kedelapan ini adalah sebanyak 440 bungkus. Buka puasa bersama warga dan santri pesantren akan diteruskan pada hari-hari berikutnya hingga akhir Ramadhan. Rencana di akhir Ramadhan akan diadakan buka puasa lebih besar dengan menu daging kambing.

3. Distribusi air ke 7 masjid

Sebagaimana diketahui bahwa daerah Panggang Gunung Kidul, tempat mukimnya para santri Darush Sholihin adalah daerah yang miskin air. Setiap pertengahan tahun seperti saat ini, warga kesulitan air. Berkat berbagai dana yang dikumpulkan untuk sarana dan prasarana pesantren, sengaja dana tersebut kami ambil sebagian untuk pembelian air yang disalurkan ke 7 masjid. Masjid yang menerima sangat senang dengan bantuan ini. Satu tangki air berisi 5000 L seharga Rp.110.000,-, namun untuk daerah yang lebih terpelosok ditetapkan harga lebih tinggi. Rencananya ada bantuan kedua berupa air menjelang Ramadhan itu berakhir yang diambil dari dana pesantren.

4. Penyaluran zakat

Zakat yang diterima tahun ini cukup banyak. Di samping zakat, juga ada dana riba dan shodaqoh yang kami salurkan. Warga amat senang sekali menerima setiap zakat dan shodaqoh yang diberikan walau masing-masing mereka kadang hanya mendapat Rp.10.000 karena mengingat begitu banyak yang berhak menerima di daerah sekitar desa Girisekar ini. Sampai saat ini dana zakat, shodaqoh dan riba diterima sebesar Rp.35.234.558,-. Untuk dana zakat sudah sebagiannya disalurkan untuk para santri dan warga miskin di tiga dusun miskin. Sedangkan dana riba, disalurkan untuk kepentingan sosial untuk pembangunan cakruk (pos kamling). Adapun sebagiannya masih ditahan dan nantinya diserahkan kepada para santri di akhir Ramadhan.

5. Penyediaan sarana dan prasarana pesantren

Dari berbagai sumbangan yang masuk yang mencapai 300 juta rupiah, alhamdulillah, bangunan pesantren Darush Sholihin telah dirampungkan hingga 80 %. Tinggal beberapa sarana prasarana saja yang dilengkapi. Baru-baru ini, rak buku untuk perpustakaan sudah dibuat. Bangunan yang akan dirampungkan tersisa untuk ruang kantor dan garasi yang berada di lantai bawah.

Ramadhan_1433_1

 

Laporan pemasukan dana, silakan lihat di sini.

Kami atas nama pesantren Darush Sholihin Cuma bisa memanjatkan do’a, moga Allah membalas kebaikan para muhsinin yang telah turut serta menyenangkan warga miskin di desa kami dan telah membantu pula untuk pembangunan pesantren kami.

 

Abu Dzar pernah berkata mengenai wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam padanya, “Kekasihku (Rasulullah) shallallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat kepadaku dengan tujuh hal: (1) supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka, (2) beliau memerintahkan aku agar aku melihat kepada orang yang berada di bawahku dan tidak melihat kepada orang yang berada di atasku …” (HR. Ahmad 5: 159, shahih).

 

Bagi yang berminat menyalurkan donasinya untuk kegiatan Ramadhan di desa miskin Panggang Gunung Kidul, silakan menyalurkannya lewat rekening berikut:

1. Rekening BCA KCP Kaliurang atas nama Muhammad Abduh Tuasikal: 8610123881.

2. Rekening BNI Syariah atas nama Sdr Muhammad Abduh Tuasikal: 0194475165.

3. Rekening Bank Syariah Mandiri KCP Wonosari atas nama Muhammad Abduh Tuasikal: 3107011155.

4. Rekening BRI Yogyakarta Cik Ditiro atas nama Muhammad Abduh Tuasikal: 0029-01-101480-50-9.

Setelah mengirimkan donasi, silakan mengkonfirmasi ulang ke 0815 680 7937 (via SMS) dengan mengetik nama pemberi zakat, besar zakat, rekening tujuan, tanggal transfer, keperluan transfer (kode kegiatan). Konfirmasi ini harus ada untuk membedakan dengan donasi lainnya yang disalurkann www.rumaysho.com.

Kode kegiatan:

1. Buka puasa warga (BPW)

2. Buka puasa santri (BPS)

3. Bingkisan lebaran (BL)

4. Beasiswa santri (BS)

5. Fidyah (FD)

6. Zakat maal (ZM)

7. Sedekah (SD)

Contoh sms konfirmasi: Ahmad#Rp.2.000.000#BNI Syariah#7 Juni 2012#ZM.

Konfirmasi dapat pula dilakukan via email rumaysho@gmail.com atau ds.santri@gmail.com.

 

Pimpinan Pesantren Darush Sholihin Panggang Gunung Kidul,

 

Muhammad Abduh Tuasikal, ST

 

@ Panggang-Gunung Kidul, 8 Ramadhan 1433 H

Info www.rumaysho.com


Artikel asli: https://rumaysho.com/2704-cerita-ramadhan-di-desa-miskin-gunung-kidul-1.html